Jumat, 27 Juli 2012

PENGERTIAN SINGKAT BARANG NORMAL, INFERIOR, SUPERIOR, ILLITH, DAN GIFFEN

Kebutuhan meliputi barang dan jasa. Barang dibedakan menjadi 5, antara lain:1. Barang Normal2. Barang Inferior3. Barang Superior4. Barang Illith5. Barang Giffen 1. BARANG NORMAL         Barang normal adalah semua barang yang permintaannya akan bertambah ketika pendapatan masyarakat bertambah (yang juga berarti bahwa barang tersebut memiliki elastisitas permintaan positif. Istilah normal tidak merujuk pada kualitas barang tersebut.


2. BARANG INFERIOR         Barang inferior adalah barang yang jumlah permintaannya akan turun seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat. Salah satu contoh barang inferior adalah sandal jepit.


3. BARANG SUPERIOR          Barang superior adalah barang-barang yang jumlah permintaannya naik apabila pendapatan masyarakat meningkat, barang ini termasuk tipe barang normal dalam teori konsumenElastisitas pendapatan dari barang superior adalah lebih dari satu. Barang superior biasanya berupa barang-barang mewah, yang memang hanya ditujukan untuk masyarakat ekonomi kelas atas. 4. BARANG ILLITH         Barang illith adalah barang yang jumlahnya berlebihan sehingga menimbulkan bencana/kerugian. Contoh: banjir, kebakarn, angin topan. 5. BARANG GIFFEN          Barang giffen adalah barang yang menolak hukum permintaan, semakin tinggi harga barang giffen, jumlah yang diminta akan semakin tinggi pula. Sebaliknya jika harga barang giffen rendah permintaannya akan turun.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar